Marketing#1: Promosi Melalui Akun Menfess/Base di Twitter

Kalian tau apa itu akun menfess/base di twitter? Akun menfess/base adalah akun yang membagikan pesan-pesan yang dikirim followernya secara anonim. Pesan tersebut dapat berupa curhatan, cerita, atau pertanyaan.

Tapi akun menfess/base ini selain digunakan untuk mengirim pesan anonim, bisa juga kita gunakan sebagai channel untuk mempromosikan bisnis secara efektif, yang penting kita perlu kreatif dalam menyusun strategi dan kata.

Berikut contoh promosi bisnis melalui akun menfess/base yang pernah gw lakukan

  • Gw melihat ada fess di tanyarl (akun menfess/base umum) yang gw rasa ini cocok menjadi hook produk salah satu bisnis gw, undangan online. Fess ini bukan gw langsung yang gw kirim, jadi ini murni keresahan dari target organik.
Hook – keresahan
  • Kemudian yang gw lakukan adalah memberikan solusi terhadap fess keresahan tersebut, dan selipkan sedikit informasi produk gw yang relate dengan solusinya.
Reply – Solusi

Bisa kalian lihat hasilnya views 585,500 dan engagement (reply, repost, like, save) 12,000+, jika hasil ini kita dapatkan melalui iklan, mungkin budgetnya bisa mencapai Rp 10,000,000.

Nah yang paling terpenting kalian lihat adalah di jumlah save, ada 1,400+ user menyimpan reply yang berisi solusi dan informasi bisnis kita, artinya adalah ada 1,400+ potensial user yang tertarik dengan solusi/produk yang kita mention.

Dan hasil nyata lainnya adalah selama 7 hari setelah reply gw tersebut ramai, ada peningkatan chat masuk ke admin sebesar 35-55 calon customer per hari nya.


Nah itu intro dan success story dari yang gw lakukan untuk promosi produk gw menggunakan akun menfess/base, yang melakukan ini bukan hanya gw, semenjak munculnya akun menfess/base, banyak bisnis-bisnis yang terlihat melakukan promosi, ada yang hardsell dan ada juga yang softsell.

Dari semua yang terlihat mempromosikan bisnis mereka dan yang telah gw lakukan, konsep atau pola untuk mempromosikan bisnis di akun menfess/base yang gw rasa cukup efektif (banyak like, repost, comment), kira-kira stepnya seperti ini:

  1. Cari akun menfess/base
    Pilih akun menfess/base yang sesuai dengan kategori atau target bisnis, jika bisnis kalian kategori kulilner, kalian bisa menargetkan follower dari akun seperti @FOOD_FESS. Kurang masuk jika kalian jualan makanan tapi mau promosi ke akun menfess/base yang kategorinya adalah saham.
  2. Kirim Fess
    Jangan langsung to the point mengirim fess yang isinya informasi bisnis kamu, tapi yang kamu kirim adalah sebuah tulisan yang ditulis menggunakan teknik copywriting yaitu HOOK. Saya menyarankan di sini tulisan berupa pertanyaan, keresahan, ketakutan, dan semacamnya. (*step 2 ini bisa di skip jika kalian menemukan fess dari orang lain yang cocok untuk hook bisnis kalian)
  3. Reply fess
    Kuncinya di sini, kalian reply fess yang akan jadi HOOK dari solusi yang bisa diberikan oleh bisnis kalian. Buat reply senatural mungkin, gunakan akun personal yg centang biru, jangan akun bisnis agar lebih natural. (*kenapa akun centang biru? karena reply dari akun centang biru akan didorong ke atas)
  4. Respon
    Setelah membalas fess tersebut, jangan lupa untuk aktif ketika ada yang membalas reply kalian tersebut, karena dengan membalas dari reply tersebut akan meningkatkan engagement yang kemudian akan membantu reply fess kalian dilihat lebih banyak user lagi.
  5. Rutin
    Lakukan ini secara rutin untuk meningkatkan awarness bisnis kamu, jangan lupa ganti HOOK secara berkala dan jangan main di satu akun menfess/base saja.

Kurang lebih seperti itu konsep atau pola yang bisa kalian gunakan, selebihnya silahkan improve menggunakan kreatifitas kalian masing-masing.

Sekian pembahasan business diary hari ini tentang “Marketing#1: Promosi Melalui Akun Menfess/Base di Twitter”, sangat terbuka untuk diskusi. Follow twitter @farizzlfdhl untuk twit tentang business & marketing.

updated : 05/04/2024

Ad